Pencanangan GERMAS Bersama Kampus IV di Kediri

germas kediri 1

Kediri (7/25) — Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang bersama Walikota Kediri Abdullah Abu Bakar membuka acara sosialisasi Pencangan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), turut hadir mendampingi Kabid Fasilitasi Akreditasi dan Pengendalian Mutu Pendidikan Kemenkes Bpk. Akemat, S.Kp, M.Kes, Pembantu Direktur I Poltekkes Kemenkes Malang Ir. AAG. Anom Aswin, MPS, DPRD Kota Kediri Reza Darmawan, Kepala Dinkes Kota Kediri dr. Fauzan Adima serta Muspika Kec. Pesantren. Acara ini berlangsung di Balai Kelurahan Bawang, Selasa (25/7/17). Kegiatan ini diikuti kurang lebih 300 peserta, mulai dari masyarakat, para petugas puskesmas, lurah, tokoh masyarakat serta tokoh agama.

germas kediri 3

Abdullah Abu Bakar menyambut baik dengan adanya kegiatan ini dan prinsip dari GERMAS ini adalah tanggung jawab kita bersama di bidang kesehatan. “Ini adalah social responsibility. Bukan lagi tanggung jawab pemerintah saja namun juga masyarakat. Saya senang masyatakat dapat diberikan edukasi tentang gerakan hidup sehat seperti ini dari Poltekes Kemenkes Malang,” ujarnya.

Menurut walikota yang akrab disapa Mas Abu ini, yang perlu diubah dari masyarakat adalah pola hidup. Dimana saat ini banyak masyarakat yang memiliki pola hidup tidak sehat.

“Bisa kita lihat saat ini banyak masyarakat yang memilih menggunakan kendaraan bermotor untuk menempuh jarak yang seharusnya dapat ditempuh dengan jalan kaki ataupun bersepeda. Nah ini yang perlu kita ubah. Pola hidup sehat itu dimulai dari olah raga,” ujngkapnya.

Orang nomor satu di Kota Kediri ini menjelaskan, saat ini banyak kematian yang disebabkan oleh penyakit tidak menular daripada penyakit menular.

“Penyakit tidak menular ini timbul dari pola hidup tidak sehat. Harapannya dengan diedukasi melalui GERMAS ini masyarakat dapat memperbaiki pola hidupnya untuk lebih sehat,” harapnya.

GERMAS sendiri merupakan bentuk pengabdian kepada masyarakat dari Poltekes Kemenkes Malang bersama Kampus IV di Kediri.

germas kediri 2

Pencanangan GERMAS ini ditandai dengan penandatanganan dan pelepasan burung merpati.