Kunjungan Lembaga Sosial Kesejahteraan Tenjinkai Jepang

Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang kemarin (3/7) menerima kunjungan dari Lembaga Sosial Kesejahteraan Tenjinkai Jepang di Kantor Direktorat Poltekkes Kemenkes Malang. Kunjungan yang dilakukan bertujuan untuk melakukan presentasi mengenai rekrutmen tenaga perawat sebagai caregiver (perawat lansia) di Lembaga Sosial Kesejahteraan Tenjinkai Jepang.

Sosialisasi yang dimulai pukul 12.00 WIB dihadiri oleh Presiden Lembaga Sosial Kesejahteraan Tenjinkai Toshiharu Okazaki beserta Ibu, Kepala Fasilitas Calon Panti Jompo Khusus Tenjinso Yoshihiro Takata, Manager Human Resources Development (HRD) Bisri Afna, Plt Ketua Prodi DIII Keperawatan Dyah Widodo, S.Kp., M.Kes, Plt Sekretaris Prodi DIII Keperawatan Tutik Herawati, S.Kp., MM, Koordinator mahasiswa Keperawatan Roni Yuliwar, S.Kep, Ns, M.Ked, dan mahasiswa tingkat III dan IV Program Studi DIII dan DIV Keperawatan yang telah lulus serta siap menghadapi dunia kerja.

Lembaga Sosial Kesejahteraan Tenjinkai merupakan satu dari 100 perusahaan terbaik di Jepang. Perusahaan ini bergerak dibidang pelayanan perawatan lansia dengan prinsip dasar cinta dan pengabdian untuk menyembuhkan fisik dan mental dengan memberikan rasa aman dan layanan perawatan jangka panjang yang berkualitas tinggi. Salah satu fasilitas yang ada yaitu Panti Jompo Khusus atau Tenjinso bahkan ditunjuk sebagai tempat pelatihan Leader Unit oleh Japan Unit Care Promotion Center.

Presentasi disampaikan oleh Manager Human Resources Development (HRD) Bisri Afna yang juga merupakan alumni Prodi D-III Keperawatan Poltekkes Kemenkes Malang mengenai profil Lembaga Sosial Kesejahteraan Tenjinkai dan kegiatan yang dilakukan selama menjadi caregiver.

Lembaga Sosial Kesejahteraan Tenjinkai membuka penerimaan caregiver melalui program Economic Partnership Agreement (EPA). Bagi lulusan Jurusan Keperawatan yang berminat untuk menjadi caregiver di Lembaga Sosial Kesejahteraan Tenjinkai disarankan oleh Bisri  Afna untuk melakukan pendaftaran secara legal melalui Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI).

Plt Pembantu Direktur I Ir. AAG Anom Aswin, MPS secara khusus berterima kasih kepada tim dari Tenjinkai Jepang yang telah hadir di Poltekkes Kemenkes Malang untuk melakukan presentasi mengenai rekrutmen tenaga perawat di Lembaga Sosial Kesejahteraan Tenjinkai.  [syifa]