Rangkaian Peringatan Ke-73 Republik Indonesia di Poltekkes Kemenkes Malang

Dirgahayu Kemerdekaan Ke-73 Republik Indonesia. Kerja Kita Prestasi Bangsa!

Bulan Agustus identik dengan perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia. Setiap elemen masyarakat maupun instansi pemerintah ikut serta memeriahkan Hari Kemerdekaan Ke-73 Republik Indonesia, termasuk Poltekkes Kemenkes Malang.

BEM Poltekkes Kemenkes Malang menyiapkan serangkaian acara peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia yang dapat diikuti seluruh civitas akademika. Rangkaian acara dimulai tanggal 15 Agustus 2018 dengan mengadakan donor darah dan pemeriksaan pap smear di Gedung TUK Kampus Pusat Poltekkes Kemenkes Malang. Dalam kegiatan ini Poltekkes Kemenkes Malang bekerjasama dengan pihak ketiga yaitu Palang Merah Indonesia (PMI) dan klinik bromo.

Kegiatan donor darah ditujukan bagi seluruh civitas akademika dengan syarat yang telah ditentukan. Sebelum melakukan donor darah, setiap peserta wajib melakukan pemeriksaan seperti berat badan, tensi dan kadar hemoglobin terlebih dahulu. Bagi peserta yang telah lolos kualifikasi dapat langsung melakukan donor darah. Sedangkan bagi yang tidak lolos kualifikasi tidak diikutkan terlebih dahulu demi keamanan dan kesehatan peserta.

Untuk pemeriksaan pap smear ditujukan bagi dosen/karyawan wanita yang telah menikah. Seperti halnya dengan donor darah, peserta yang dapat mengikuti pemeriksaan pap smear telah memenuhi syarat yang telah diumumkan sebelumnya.

Rangkaian acara peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia dilanjutkan keesokan hari (16/7) dengan mengadakan senam bersama dan lomba. Tidak hanya mahasiswa, lomba yang diadakan juga diikuti dosen/karyawan Poltekkes Kemenkes Malang. Ada 8 lomba yang dapat diikuti yaitu balap bakiak, sundul bola, memasak bagi dosen/karyawan laki-laki, karaoke, blind volly, catur dan senam kreasi poco-poco mahasiswa serta dosen/karyawan.

Jurusan Kebidanan Malang berhasil menjadi juara umum dengan mendapatkan 7 gelar juara. Tidak hanya lomba, keseruan Peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia pada tanggal 16 Agustus 2018 diwarnai dengan pembagian doorprize. Ada satu buah sepeda lipat sebagai doorprize utama yang berhasil dibawa pulang oleh mahasiswa Jurusan Gizi.

Puncak rangkaian Peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia tanggal 17 Agustus 2018 dengan mengadakan Upacara Bendera di Lapangan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Malang. Direktur Poltekkes Kemenkes Malang, Budi Susatia, bertindak sebagai pembina upacara. Dalam hal ini mahasiswa bertugas sebagai petugas upacara.

Kampus Daerah Poltekkes Kemenkes Malang juga ikut memeriahkan Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia dengan mengadakan Upacara Bendera dan lomba yang diikuti seluruh civitas akademika di daerah masing-masing. [syifa]

 

Foto oleh FOMATIK/BEM Poltekkes Kemenkes Malang