Sosialisasi Aplikasi SIBULAT oleh Bapelkes Cikarang

Poltekkes Kemenkes Malang menyelenggarakan sosialisasi aplikasi Sistem Informasi Kebutuhan Pelatihan (SIBULAT), hari ini (12/11). Bertempat di Ruang Rapat lantai 3, sosialisasi dengan narasumber Tim dari Bapelkes Cikarang ini dibuka oleh Wakil Direktur II Bernadus Rudy Sunindya.

Acara yang diikuti oleh perwakilan staf Unit Kerja, membicarakan tentang sistem informasi yang telah dikembangkan oleh PPSDM Kemenkes RI sejak tahun 2018. Menurut data dari Kepegawaian, pengisian aplikasi SIBULAT di Poltekkes Kemenkes Malang sudah mencapai 90 persen. Capaian ini dinilai cukup baik, meskipun hari ini merupakan kali pertama aplikasi SIBULAT disosialisasikan oleh Pusat.  

Dalam sambutannya, Wakil Direktur II menyampaikan bahwa seringkali pelatihan yang dilaksanakan dan diadakan tidak sesuai dengan kebutuhan. Terbentuknya sistem informasi ini diharapkan tersedia informasi pelatihan sesuai kebutuhan dan pelatihan yang akan dilaksanakan nantinya tepat sasaran.

Poltekkes Kemenkes Malang memiliki Program Studi yang belum ada di Poltekkes Kemenkes lainnya, sehingga untuk pengembangan tenaga SDM perlu pelatihan yang sesuai dengan keberadaan prodi tersebut. Sebagai contoh Prodi DIII Asuransi Kesehatan, Prodi DIII Teknologi Bank Darah dan Prodi Sarjana Terapan Promosi Kesehatan. Keberadaan sistem informasi ini diharapkan dapat memfasilitasi kebutuhan pelatihan bagi setiap unit kerja di lingkungan Poltekkes Kemenkes Malang.

Siti Hayati sebagai perwakilan dari Bapelkes Cikarang menyampaikan pentingnya sistem informasi SIBULAT bagi Badan PPSDM Kemenkes RI. Pembuatan aplikasi SIBULAT bertujuan untuk mengetahui kebutuhan pelatihan yang dibutuhkan oleh unit-unit yang berada di bawahnya secara cepat dan tepat.

Berita ini disiarkan oleh Bagian Humas, Sub Bagian Kepegawaian dan Umum, Poltekkes Kemenkes Malang. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi melalui alamat email humas.polkesma@gmail.com