Polkesma Gelar Festival Anti Korupsi, Kolaborasi dengan Malang Corruption Watch

Poltekkes Kemenkes Malang (Polkesma) kembali gelar Festival Anti Korupsi hari ini (16/12). Kolaborasi dengan Malang Corruption Watch (MCW), Festival Anti Korupsi digelar di Gedung Auditorium dengan mengundang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Indonesian Corruption Watch (ICW), dan Saya Perempuan Anti Korupsi (SPAK).

Dibuka oleh Direktur Poltekkes Kemenkes Malang, Budi Susatia, tahun ini Festival Anti Korupsi mengusung tema “Peran Mahasiswa dalam Mendukung Wilayah Bebas dari Korupsi”. Kegiatan ini merupakan kegiatan praktik mahasiswa Jurusan Gizi yang telah mendapatkan mata kuliah Pendidikan Budaya Anti Korupsi.

Dalam sambutannya, Budi Susatia mengapresiasi terlaksananya Festival Anti Korupsi. Kegiatan ini menurut Budi sejalan dengan cita-cita Polkesma yang telah mencanangkan diri sebagai kampus Zona Integritas sejak tahun 2018. Tahun 2019, Polkesma mendapatkan predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dari Kementerian Kesehatan. Ini merupakan satu pencapaian untuk mewujudkan Polkesma menjadi Kampus Zona Integritas.

Turut mengapresiasi kegiatan Festival Anti Korupsi, Ketua Malang Corruption Watch (MCW), Luthfi J Kurniawan. Menurut Luthfi, tidak banyak kampus yang terbuka dan menerima isu anti korupsi. Polkesma dan seluruh kampus di Indonesia sebagai lembaga pendidikan, menurutnya perlu dijaga dengan baik karena sebagai sandaran/penjaga moral.

Luthfi berharap kedepannya kegiatan Festival Anti Korupsi ini tidak hanya dipandang sebagai sebuah kegiatan/event, tetapi juga harus menyatu dengan kehidupan sehari-hari.

“Korupsi tidak hanya soal mengambil uang, tetapi berkaitan dengan cara pandang, bagaimana kita membangun integritas,” kata Luthfi menutup sambutan.

Festival Anti Korupsi diisi diskusi tentang “Korupsi di Malang dan Upaya Pemberantasannya dalam Kurun Waktu 2019 – 2020” dengan pemateri dari KPK, ICW, MCW dan Dosen PBAK Polkesma. Selain itu juga diadakan lomba dengan tema anti korupsi yang diikuti oleh mahasiswa mata kuliah PBAK. Salah satu lomba yang diadakan yaitu pemilihan Duta Anti Korupsi yang dimenangkan oleh Ryantana Angga Diaz Prasetyo Suyono, mahasiswa Program Studi D3 Gizi.

Festival Anti Korupsi juga dijadikan momentum penandatangan MOU antara Polkesma dan MCW. Kerjasama dilakukan untuk membangun sinergitas perguruan tinggi dengan lembaga swadaya masyarakat.

Berita ini disiarkan oleh Bagian Humas, Sub Bagian Kepegawaian dan Umum, Poltekkes Kemenkes Malang. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi melalui alamat email humas.polkesma@gmail.com