Asesmen Lapangan Akreditasi Program Studi oleh LAM-PTKes di Polkesma

Memulai tahun 2020, Polkesma menyelenggarakan kegiatan asesmen lapangan akreditasi oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes). Program studi yang dikunjungi untuk asesmen lapangan yaitu Program Studi DIII Kebidanan Malang, Program Studi DIII Keperawatan Trenggalek dan Program Studi Pendidikan Profesi Ners.

Asesmen lapangan reakreditasi Program Studi DIII Kebidanan Malang dilaksanakan pada tanggal 8 – 10 Januari 2020 dengan asesor Berty Risyanti, S.ST., M.Keb (STIKES Respati Tasikmalaya) dan Lilis Lisnawati, S.ST., M.Keb (STIKES Dharma Husada Bandung). Sedangkan untuk asesmen lapangan reakreditasi Program Studi DIII Keperawatan Trenggalek dilaksanakan tanggal 12-14 Januari 2020 dengan asesor Herbasuki, S.Kp., M.Kes (Akper Patria Husada Surakarta) dan Aan Somana, S.Kp., M.Pd., M.N.S (Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Budhi Luhur Cimahi).

Saat ini masih berlangsung asesmen lapangan akreditasi Program Studi Pendidikan Profesi Ners yang akan dilaksanakan selama 4 hari, hingga 30 Januari 2020. Tim asesor LAM-PTKes yang hadir dalam kegiatan ini yaitu Wahyu Hidayati, S.Kp., M.Kep., Sp. KMB (Universitas Diponegoro), Dr. Wiwin Lismidiati, S.Kep., Ns., M.Kep., Sp.Kep.Mat (Universitas Gadjah Mada), dan I Gede Putu Darma Suyasa, S.Kp, MNg, PhD (Institut Teknologi dan Kesehatan Bali).

Berbeda dengan Kebidanan dan Keperawatan Trenggalek, tahun ini merupakan akreditasi pertama bagi program studi pendidikan profesi ners setelah mendapatkan izin operasional tahun 2018. Dalam kegiatan asesmen lapangan, tim asesor disambut langsung oleh Direktur, Budi Susatia, S.Kp., M.Kes, yang sekaligus memperkenalkan Poltekkes Kemenkes Malang yang memiliki 21 program studi aktif dan 7 kampus yang tersebar di wilayah Jawa Timur.

Dalam sambutannya, Budi menyampaikan terimakasih atas kehadirannya dan meminta para asesor untuk dapat memberikan arahan dan masukan selama proses akreditasi berlangsung. Para asesor menyampaikan bahwa pada proses asesmen lapangan, tim asesor akan melakukan klarifikasi data sesuai dengan yang dituliskan di borang.

Kegiatan asesmen lapangan dimulai dengan presentasi borang oleh Kepala Pusat Penjaminan Mutu dan Ketua Program Studi. Kemudian dilakukan telusur data dan peninjauan sarana prasarana di lingkungan Poltekkes maupun Program Studi, wawancara, dan kunjungan ke lahan praktik. Asesmen lapangan ditutup dengan pembacaan rekomendasi, penandatanganan serta penyerahan berita acara yang telah disetujui bersama.

Berita ini disiarkan oleh Bagian Humas, Sub Bagian Kepegawaian dan Umum, Poltekkes Kemenkes Malang. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi melalui alamat email humas.polkesma@gmail.com