Pelatihan Casemix Mahasiswa D3 Asuransi Kesehatan

Pelatihan Casemik Mahasiswa D3 Asuransi Kesehatan Oleh Asosiasi Praktisi Casemix Indonesia

Progam Studi D3 Asuransi Kesehatan Poltekkes Kemenkes Malang bekerjasama dengan Asosiasi Praktisi Casemix Indonesia (APCI) telah mengadakan pelatihan casemix yang bertempat di auditorium POLKESMA.

Pelatihan selama 3 hari (31 Januari - 2 Februari 2020) dilaksanakan dalam rangka memenuhi kompetensi pada bidang casemix terutama mahasiswa tingkat akhir yang akan melaksanakan magang akhir sebelum yudisium.   

Pelatihan dibuka oleh Dr. Moh. Wildan, A.Per.Pen., M.Pd, selaku Wakil Direktur Bidang Akademik dan dihadiri oleh Ketua Jurusan serta seluruh Ketua Program Studi pada Jurusan Kesehatan Terapan. Dalam sambutannya, Moh. Wildan menyebutkan pelatihan ini merupakan jawaban atas tantangan, setelah lulus mahasiswa harus memiliki kompetensi yang sesuai dengan dunia kerja.

Selain diikuti oleh mahasiswa semester 4 dan 6, pelatihan ini juga diikuti oleh seluruh dosen Prodi DIII Asuransi Kesehatan, beberapa dosen Prodi DIII Rekam Medis dan Informasi Kesehatan, serta praktisi casemix yang bekerja di rumah sakit.

Pada pelatihan ini peserta diberikan materi mengenai prosedur administrasi klaim di rumah sakit dilakukan yang dimulai dari tahap administrasi hingga pengolahan data klaim. Dalam pelatihan ini peserta juga dikenalkan dengan software yang dikembangkan oleh tim APCI sebagai gambaran proses administasi klaim di rumah sakit.

Pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman peserta mengenai sistem casemix dan dapat diterapkan dengan tepat.

Berita ini ditulis Herlinda Dwi Ningrum (Prodi D3 Asuransi Kesehatan) dan disiarkan oleh Bagian Humas, Subbagian Kepegawaian dan Umum, Poltekkes Kemenkes Malang. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi melalui alamat email humas.polkesma@gmail.com