Pengumuman Perubahan Mekanisme Uji Tulis SIMAMA Menjadi Berbasis Portofolio

Pengumuman Perubahan Mekanisme Uji Tulis SIMAMA Menjadi Berbasis Portofolio

Mekanisme penerimaan mahasiswa baru Jalur Uji Tulis Bersama Tahun 2020 dari sebelumnya Tes Tulis DIGANTI menjadi Berbasis Portofolio. Perubahan ini berdasarkan Keputusan Kepala Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan Nomor HK.02.02/III/0727/2020 dengan pertimbangan Indonesia dan Global sedang menghadapi masa pandemi COVID-19 serta metode seleksi menggunakan Tes Tulis di saat pandemi COVID-19 berisiko menimbulkan penularan.

Seleksi penerimaan mahasiswa baru berbasis portofolio, yaitu:

  1. Seleksi penerimaan mahasiswa baru berdasarkan nilai/performance selama mengikuti pendidikan SMA/SMK
  2. Penilaian portofolio meliputi rerata nilai raport semester 1-5, rerata nilai Matematika, rerata nilai Bahasa Indonesia, rerata nilai Bahasa Inggris, akreditasi sekolah dan daerah asal sekolah (3T/DTPK)
  3. Setiap peserta WAJIB mengisi dan melengkapi data portofolio di laman http://simama-poltekkes.kemkes.go.id serta mengunggah (upload) scan dokumen portofolio (Rapot dan Akreditasi Sekolah)
  4. Jika peserta berasal dari daerah 3T (terdepan, terluar dan terpencil) atau DTPK (daerah tertinggal, perbatasan dan kepulauan), dapat menginput Kabupaten dan Provinsi asal sekolah
  5. Peserta yang dinyatakan lolos nominasi penilaian portofolio WAJIB melakukan tes Kesehatan fisik secara mandiri dengan ketentuan, yaitu :
  1. Parameter kesehatan fisik yang diperiksa yaitu tinggi badan, berat badan, buta warna, pendengaran, kemampuan berbicara, dan kecatatan fisik
  2. Peserta dapat melakukan tes kesehatan fisik secara mandiri di Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Fasyankes) berizin seperti praktek dokter mandiri yang ber SIP, Puskesmas, Poliklinik, RS Pemerintah/Swasta, atau Fasyankes lain
  3. Peserta WAJIB menginput data di website, mengunggah (upload) scan surat keterangan dan mengirimkan dokumen asli melalui Pos ke Poltekkes Kemenkes yang dituju
  1. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut silahkan dapat mengakses website (simama-poltekkes.kemkes.go.id atau sipenmaru.poltekkes-malang.ac.id), media sosial (Instagram: @poltekkes.malang), dan menghubungi narahubung melalui Whatsapp (0821-3118-5758) atau email (sipenmarupolkesma@gmail.com).

Perubahan jadwal pelaksanaan SIMAMA Berbasis Portofolio akan disampaikan kemudian.

 

PERHATIAN : Mohon bagi para pendaftar dapat mengikuti perkembangan informasi terbaru mengenai SIMAMA Berbasis Portofolio dengan terus memantau website (simama-poltekkes.kemkes.go.id atau sipenmaru.poltekkes-malang.ac.id) dan media sosial resmi Polkesma (Facebook : Poltekkes Kemenkes Malang dan Instagram : @poltekkes.malang)