Pandemi COVID-19 Belum Berakhir, PKKMB 2020 Digelar Secara Daring

Yudhistira Haridra.

Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Poltekkes Kemenkes Malang Tahun 2020 berlangsung secara daring selama 5 (lima) hari, mulai Selasa (21/7). Mengusung tema “Dengan semangat kebersamaan penanggulangan COVID-19, kita wujudkan generasi sehat, tangguh, beradab & berdaya saing global”.

Kegiatan PKKMB 2020 secara daring wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa baru sejumlah 1908 mahasiswa yang diterima melalui Jalur PMDP, SIMAMA, dan Mandiri. PKKMB tahun ini merupakan PKKMB pertama bagi mahasiswa Prodi Sarjana Terapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) sejak disetujui dibuka oleh Kemdikbud, April kemarin.

Penyelenggaraan PKKMB 2020, sesuai Laporan Ketua Pelaksana Muhamad Nanda Firdaus merupakan kerjasama Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Himpunan Mahasiswa Prodi (HMP) dan Unit Kegiatan Mahasiswa. Serta dukungan dari bidang Kemahasiswaan dan manajemen Poltekkes Kemenkes Malang. 

PKKMB bertujuan untuk memberikan pembekalan kepada mahasiswa baru agar cepat beradaptasi dengan lingkungan baru, Polkesma. “Ini (PKKMB) ditujukan untuk maba sebelum mengikuti kuliah akademik. Nanti akan diberikan informasi tentang Polkesma, agar dapat mengetahui dan adaptasi di lingkungan baru,” ucap Direktur Polkesma, Budi Susatia, S.Kp., M.Kes dalam sambutannya.

Berbeda dari tahun sebelumnya, PKKMB tahun ini dilaksanakan secara daring dengan ketentuan yang sama yaitu maba diwajibkan mengenakan pakaian hitam putih dan mengikuti kegiatan hingga akhir, Sabtu (25/7). Kontrol kehadiran dilakukan dengan melakukan presensi diawal dan akhir kegiatan PKKMB setiap harinya serta penugasan yang wajib dikumpulkan.

PKKMB 2020 diisi dengan materi pengenalan Poltekkes Kemenkes Malang, Jurusan, Program Studi, kegiatan kemahasiswaan dan akademik, serta sosialisasi kegiatan himpunan yang ada di Poltekkes Kemenkes Malang. Turut hadir dalam PKKMB 2020, Kepala Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan Dr. Sugianto, S.Pd., M.App.Sc yang memberikan materi tentang Peran Poltekkes kemenkes dalam Membangun Potensi SDM Bidang Kesehatan yang Mampu Bersaing Ditingkat Global sebagai Wujud Belanegara.

Mahasiswa baru juga diberikan materi mengenai pendidikan budaya anti korupsi (PBAK) sebagai upaya memperkuat integritas mahasiswa dalam pemberantasan korupsi. Materi wawasan kebangsaan, bela negara dan radikalisme juga tetap diberikan sebagai upaya meningkatkan kesadaran berbangsa, bernegara dan cinta tanah air.

Meskipun dilakukan secara daring, melalui PKKMB 2020 mahasiswa baru diharapkan dapat memahami mengenali Poltekkes Kemenkes Malang secara lebih mendalam. Budi Susatia selaku direktur berharap nantinya selama menjadi mahasiswa tetap menunjukkan kedisiplinan, kejujuran dan dapat mengembangkan kreativitas untuk menghasilkan karya inovatif sesuai dengan Visi Misi Polkesma.

“Selamat bergabung menjadi keluarga besar Polkesma dan tetap tekun sesuai harapan dan cita-cita saudara,” tutup Budi Susatia. 

Berita ini disiarkan oleh Bagian Humas, Sub Bagian Kepegawaian dan Umum, Poltekkes Kemenkes Malang. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi melalui alamat email humas@poltekkes-malang.ac.id