Ubah ke PDF    Cetak halaman ini

HMJ Kebidanan

Diposting tanggal: 15 Januari 2011

A.    PENGERTIAN

Himpunan Mahasiswa Jurusan Kebidanan (HMJ) adalah organisasi mahasiswa jurusan yang terdapat di jurusan Kebidanan. HMJ merupakan badan pelaksana yang mempunyai kekuasaan eksekutif di tingkat jurusan yang dimandatkan oleh BPM melalui Pemilu tingkat Jurusan. HMJ tersebut melaksanakan kegiatan di lingkup jurusan Kebidanan.

B.    KEANGGOTAAN

Anggota HMJ adalah seluruh mahasiswa yang terdaftar dan sah di jurusan setelah melalui mekanisme penerimaan mahasiswa baru.

C.    TUGAS DAN KEWAJIBAN

  1. Melaksanakan amanat mahasiswa yang dimandatkan BPM
  2. Melaksanakan dan menjunjung tinggi AD/ART
  3. Melaksanakan segala ketetapan BPM jurusan
  4. Melaksanakan GBHOK di tingkat Jurusan
  5. Membuat keputusan-keputusan yang di anggap perlu dalam pelaksanaan GBHOK di tingkat jurusan.
  6. Mewakili mahasiswa jurusan baik ke dalam maupun ke luar
  7. Wajib mengutamakan aspirasi mahasiswa dalam membuat rancangan organisasi
  8. Melaporkan rencana kerja organisasi kepada BPM Jurusan
  9. Berhak memberikan usulan, saran, pendapat, aspirasi kepada pihak jurusan
  10. Melaksanakan Rapat Koordinatif dengan pengurus BEM-BPM
  11. Membuat laporan pertanggungjawaban terhadap pelaksanaan mandat BPM dan disampaikan dalam sidang pleno
  12. Memiliki hak otonomi untuk mengurusi segala kegiatan di tingkat jurusan

HMJ adalah lembaga koordinatif dengan BEM dan UKM untuk program-program masing-masing dan program-program yang bersifat umum.

D.     PEMBENTUKAN

  1. Ketua HMJ dipilih Mahasiswa melalui sistem pemilu Jurusan/Prodi
  2. Tata tertib dan cara pemilihan diatur oleh KPR (Komisi Pemilihan Raya)
  3. Pengesahan Ketua HMJ dilakukan oleh BEM
  4. Mekanisme pembentukkan pengurus dengan formatur tunggal
  5. Pengesahan pengurus HMJ dilakukan oleh Ketua HMJ
  6. Ketua HMJ tidak diperkenankan merangkap jabatan pengurus harian organisasi intern kampus dan diperkenankan merangkap jabatan pengurus harian ekstern kampus
  7. Ketua HMJ bertanggung jawab kepada anggota HMJ melalui BPM jurusan

E. PROGRAM KERJA HMJ KEBIDANAN POLTEKKES KEMENKES MALANG PERIODE 2010

1. Caping Day

Capping day merupakan kegiatan angkat janji mahasiswa kebidanan sebelum mereka praktek di lapangan. Kegiatan ini ditujukan bagi seluruh mahasiswa semester 2. Acara ini dihadiri oleh seluruh mahasiswa semester 2 beserta walinya, dan juga para dosen. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membangkitkan rasa cinta profesi, mempersiapkan mahasiswa sebagai langkah awal sebelum praktek klinik, serta untuk menanamkan rasa tanggung jawab dengan adanya pengambilan sumpah.

2.    PPSM (Pengenalan Program Studi Mahasiswa)

PPSM merupakan kegiatan pengenalan program studi yang ada di Poltekkes Kemenkes Malang kepada mahasiswa baru. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mempersiapkan calon mahasiswa baru dalam mengikuti proses belajar mengajar, meningkatkan kedisiplinan calon mahasiswa melalui tugas-tugas yang diwajibkan kepada mereka, mendorong kreatifitas dan aktivitas dari calon mahasiswa, serta orientasi kampus dan sistem pendidikan Poltekkes Kemenkes Malang pada umumnya dan Jurusan Kebidanan  pada khususnya.

3.    Pisah Kenang

Pisah kenang merupakan suatu kegiatan persembahan dari mahasiswa tingkat 1 dan 2 untuk mahasiswa tingkat 3 yang akan di wisuda. Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan kreatifitas mahasiswa, menjalin kebersamaan antar mahasiswa, dosen dan staf, serta merayakan perpisahan dengan mahasiswa tingkat III.

4.    Seminar

Seminar merupakan kegiatan yang ditujukan untuk mahasiswa dan juga masyarakat umum yang berminat. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan mahasiswa dan masyarakat umum serta memperkenalkan Poltekkes Malang kepada masyarakat umum.

5.    Perayaan HUT RI ke-64

Merupakan kegiatan dalam rangka memperingati HUT RI yang ke-64. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh mahasiswa, dosen, dan staff. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan rasa nasionalisme dan untuk mempererat hubungan antar mahasiswa & dosen serta staff.

6.    SII (Studi Islam Intensif)

SII merupakan kegiatan HMJ yang bekerjasama dengan Sie Kerohanian Islam. Acara ini ditujukan bagi mahasiswa baru yang beragama Islam. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan program keagamaan (agama Islam) kepada mahasiswa baru serta membentuk jiwa Islami dalam berfikir dan berkepribadian.

7.    Natal Gabungan

Natal gabungan merupakan bentuk perayaan natal bagi mahasiswa Jurusan Kebidanan yang beragama Kristen/Katolik. Kegiatan ini mempunyai tujuan yaitu untuk mengetahui makna natal, mempererat tali persaudaraan antar mahasiswa Kristen/ Katolik, serta untuk menumbuhkan rasa solidaritas antar mahasiswa Kristen/ Khatolik.