Perjanjian Kerja Sama Kemenkes Timor Leste dan Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang

Jumat, 13 Mei 2022
Kunjungan Tim Kerja Kemenkes Timor Leste ke Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang, yang di hadiri Direktur Nasional SDM Kemenkes Timor Leste yaitu Augusto Joaquim Pinto dengan didampingi oleh Adelia Maria Moniz Barreto sebagai Direktur Departemen Kerja Sama Kemenkes Timor Leste. Kunjungan tersebut disambut hangat oleh pihak Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang yang langsung dihadiri oleh Direktur, Wakil Direktur I, Wakil Direktur II, Wakil Direktur III, Kasubag Administrasi Akademik, Kepala Unit Hunungan Internasional, serta Koordinator Humas dan Advokasi Hubungan Kelembagaan.

Dalam rangka untuk mengimplementasikan kerjasama yang sudah terjalin di tahun 2019 terkait dengan program pendidikan bagi tenaga kesehatan Timor Leste di Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang.

Program pendidikan bagi tenaga kesehatan Timor Leste direncanakan akan dimulai di tahun akademik 2022/2023 setelah Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang mendapatkan rekomendasi/persetujuan dari Kemenkes RI dan tenaga kesehatan Timor Leste dapat mengikuti pada seleksi penerimaan mahasiswa baru pada jalur mandiri. 

Selain kerjasama program pendidikan, Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang juga mengharap untuk kedepannya dapat dilaksanakan juga program tukar menukar tenaga pendidik. 
Kemenkes  Timor Leste juga menginfokan keinginannya untuk  mengadakan kerjasama terkait dengan pemberantasan penyakit di lintas perbatasan dengan Kemenkes RI.

Turut hadir dari Politeknik Kesehatan Kemenkes Surabaya yaitu Wakil Direktur III beserta Kepala Pusat Pengembangan Pendidikan dalam acara pembahasan implementasi kerjasama yaitu dalam rangka ingin penjajagan dan ingin menawarkan kerjasama dengan kementerian Timor Leste terkait dengan pendidikan atau pembinaan terhadap tenaga elektromedis.