Jurusan

JURUSAN KEPERAWATAN POLTEKKES DEPKES MALANG

 

 A.   KEDUDUKAN JURUSAN
Jurusan merupakan unsur pelaksana akademik yang melaksanakan pendidikan profesional dalam sebagian atau satu cabang ilmu pengetahuan, teknologi dan / atau kesehatan tertentu.
 

 B.   TUPOKSI
Ketua jurusan mempunyai tugas mengelola sumber daya jurusan dan menyelenggarakan pendidikan. Dalam melaksanakan tugas sehari-hari Kajur dibantu oleh Sekretaris Jurusan.

 
 C.   PROGRAM

1. Visi, Misi dan Tujuan Institusi Jurusan Keperawatan :
   a. VISI

 

       Meluluskan tenaga perawat profesional yang dapat bersaing secara nasional global.

 

   b. MISI

  1. Melaksanakan dan mengembangkan sumber daya manusia (SDM) ke arah pendidikan jenjang dan pendidikan berkelanjutan / sertifikasi
  2. Melaksanakan dan mengembangkan proses belajar mengajar sesuai dengan tuntutan kompetensi profesi keperawatan dan perkembangan teknologi.
  3. Mengembangkan penelitian, pengabdian masyarakat dalam bidang keperawatan.
  4. Menghasilkan tenaga profesional perawat vokasional yang terampil.
  5. Melaksanakan kemitraan dalam menunjang proses belajar mengajar dan pemberdayaan lulusan baik didalam maupun luar  negeri.

2. Jurusan Keperawatan mempunyai program studi antara lain :

  1. Program Studi D-III Keperawatan di Malang, Lawang dan Blitar.Dan sejak tahun 2007 mengembangkan Program Unggulan D-III Keperawatan Bertaraf Internasional.
  2. Program Studi D-IV Keperawatan Medikal Bedah.

 

JURUSAN KEBIDANAN POLTEKKES DEPKES MALANG

 

A. KEDUDUKAN
Jurusan Kebidanan Poltekkes Dep.Kes. Malang sebagai lembaga pelaksana akademik Politeknik Kesehatan Dep.Kes. Malang  merupakan Unit Pelaksana teknis Departemen Kesehatan R I , mendapat tugas untuk menyelenggarakan Program pendidikan Diploma III Kebidanan dan D-IV Bidan Pendidik.dengan dasar hukum: Permenkes No.890/Menkes/Per/VIII/2007, Statuta Poltekkes Dep.Kes. Malang tahun 2008, SK Direktur Poltekkes Dep. Kes. Malang .

 
B. TUGAS POKOK DAN FUNGSI
Sebagai Unit Pelaksana Akademik Poltekkes Dep.Kes. Malang Jurususan Kebidanan mengemban tugas melaksanakan Pendidikan Vocasi yaitu  Program Pendidikan D-III Kebidanan adalah untuk  menghasilkan lulusan Bidan profesional pemula yang diberi gelar sebutan  Profesi Ahli Madya Kebidanan dan Program Pendidikan D-IV Bidan Pendidik bertujuan mengahasilkan lulusan Sarjana Saint Terapan dibidang Kebidanan dengan gelar SST.

Pada tahun 2008 Jurusan Kebidanan Poltekkes Dep.Kes. Malang dalam menjalankan fungsinya menyelenggarakan  Program Pendidikan  D- III Kebidanan pada tiga tempat yang meliputi Wilayah Malang, Kediri dan Jember sedangkan Program D-IV Bidan Pendidik berada di wilayah Malang.

Adapun dalam menjalankan Fungsinya Jurusan Kebidanan Poltekkes Dep.Kes. Malang bertumpu pada Tri Dharma Perguruan Tinggi yang meliputi kegiatan Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat serta melakukan pembinaan civitas Akademika khususnya di lingkungan Jurusan Kebidanan.

C. PROGRAM
Pada tahun 2008 Jurusan kebidanan menyelenggarakan :

  1. Program Pendidikan D-III Kebidanan di Malang, Kediri dan Jember
  2. Program Pendidikan D-IV Bidan Pendidik di Malang


D. STRUKTUR ORGANISASI
Nama Jurusan :  Jurusan Kebidanan Poltekkes Depkes Malang
Alamat          :  Jln. Simpang Ijen 37 Malang Telp. (0341) 558793

    VISI         : Menghasilkan Tenaga Bidan yang Kompetitif Di Era Globalisasi
    MISI        :

  1. Meningkatkan kualitas SDM melalui peningkatan kualitas Intelektual dan moral secara seimbang , selaras dan serasi serta berwawasan global
  2. Meningkatkan  profesional dalam pembelajaran
  3. Mengembangkan Kurikulum sesuai dengan kebutuhan
  4. Menyelenggarakan program unggulan di masing-masing Program Studi
  5. Meningkatkan budaya Riset bagi seluruh Dosen

 

JURUSAN GIZI POLTEKKES DEPKES MALANG 

VISI MISI JURUSAN GIZI POLTEKKES KEMENKES MALANG

1. VISI

Menghasilkan Ahli Gizi Profesional (Ahli Madya dan Sarjana Sains Terapan) yang inovatif sesuai perkembangan IPTEK-SENI dan mampu bersaing di era global.

2. MISI

  1. Meningkatkan mutu lulusan

  2. Meningkatkan mutu institusi

  3. Meningkatkan mutu PBM dan Mutu manajemen

  4. Meningktakan kemitraan dan kemandirian Jurusan Gizi dalam penelitian dan pengabdian masyarakat.

     

VALUE (NILAI) : DIETICIAN

Dignity = Kebanggaan

Integrity = Integritas

Equality = Keseimbangan

Technology = Menguasai teknologi

Intuitive = Intuisi

Creative = Kreatif

Inovative = Inovatif

Adaptive = Mampu beradaptasi

Nutrition-Oriented = Orientasi ke-gizi-an

 

KEBERHASILAN JURUSAN GIZI POLTEKKES KEMENKES MALANG

Menuju pertengahan tahun 2010, dilaksanakan restrukturisasi Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Malang untuk periode kepemimpinan 2010-2014. Pergantian kepemimpinan yang berjalan baik tersebut diikuti dengan relokasi ruangan di lingkungan Jurusan Gizi. Penataan ruangan yang representatif ini mendukung kegiatan sehari-hari di Jurusan Gizi dengan suasana kerja baru dan lingkungan baru (Sugeng Iwan)

 

VISI, MISI DAN TUJUAN

PROGRAM STUDI DIPLOMA III GIZI

 

VISI

“Menjadi Institusi Penghasil Tenaga Ahli Madya Gizi yang kompeten dan kompetitif pada tahun 2018”,

 

 

MISI

1.                Menyelenggarakan pendidikan D-III Gizi dengan Kurikulum berbasis kompetensi.

2.                Melaksanakan kegiatan penelitian terapan guna pengembangan pengetahuan dan teknologi di bidang pangan dan gizi.

3.                Melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di bidang pangan dan gizi.

4.                Melaksanakan kegiatan yang dapat menumbuhkan soft skill mahasiswa  dan dosen sebagai upaya peningkatan pencitraan Prodi D-III Gizi.

5.                Melaksanakan proses pembelajaran yang didukung SDM, sarana dan prasarana serta pengelolaan administrasi akademik dan keuangan berbasis teknologi informasi

 

 

TUJUAN

1.                Menghasilkan lulusan ahli madya gizi sesuai dengan standar kompetensi.

2.                Meningkatkan kemampuan berfikir kritis melalui  penelitian terapan dibidang pangan dan gizi.

3.                Melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di bidang pangan dan gizi sesuai dengan bidang keilmuan bagi dosen dan mahasiswa.

4.                Meningkatkan softskill seluruh komponen prodi.

5.                Meningkatkan  kemampuan dalam penggunaan IT dalam pendidikan dan pengajaran.

Meningkatkan layanan  administrasi yang berbasis IT.