Seminar Kebangsaan Polkesma bersama Wakil Ketua MPR RI

Polkesma kemarin (21/10) menyelenggarakan seminar kebangsaan dengan pembicara Wakil Ketua MPR RI, Dr. Ahmad Basarah. Seminar dilakukan secara daring melalui Zoom dan secara luring dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Didampingi oleh Ketua DPRD Kota Malang I Made Rian Diana Kartika, Dr. Ahmad Basarah menyampaikan materi tentang kebangsaan dan empat pilar MPR RI.

Seminar kebangsaan yang dilaksanakan di Ruang Rapat Kantor Direktorat diikuti oleh perwakilan dosen dan mahasiswa dengan jumlah yang terbatas. Selain itu, dosen dan mahasiswa juga dapat mengikuti seminar secara daring melalui aplikasi Zoom dan channel Youtube “vidcon polkesma”.

Dr. Ahmad Basarah dalam seminar ini membahas tentang empat pilar MPR RI yaitu Pancasila, UUD 1945 dan TAP MPR, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhinneka Tunggal Ika. Sosialisasi empat pilar ini wajib disampaikan kepada masyarakat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Beliau juga menyampaikan tentang kemajuan teknologi informasi saat ini seperti pedang bermata dua dengan sisi positif dan negatif yang berbeda.

Dampak ketidakhadiran negara dan pembinaan mental ideologi bangsa, menurut Dr. Ahmad Basarah terbukti ada dengan beberapa hasil survey yang menyatakan ketidaksetujuan terhadap Pancasila, ekstrimisme dalam beragama dan terpaparnya masyarakat terhadap radikalisme. Seminar kebangsaan seperti ini menurut Dr. Ahmad Basarah penting dilakukan agar kehidupan berbangsa dan bernegara tetap berpijak pada falsafah bangsa yaitu Pancasila.

Wakil Direktur I Dr. Moh. Wildan, A.Per.Pen, M.Pd mewakili Direktur Poltekkes Kemenkes Malang menyampaikan terima kasih dan rasa hormat kepada Dr. Ahmad Basarah telah berkenan mengisi seminar kebangsaan di Polkesma.

Berita ini disiarkan oleh Bagian Humas, Sub Bagian Kepegawaian dan Umum, Poltekkes Kemenkes Malang. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi melalui alamat email humas@poltekkes-malang.ac.id